Selama ini kita sering melihat di botol wewangian ada yang bertuliskan parfum, eau de parfum, eau de toilette dan eau de cologne. Selain itu kita lebih sering mendengar kata parfum dan cologne. Namun tidak banyak yang tau tentang arti dari kata tersebut. Yang kita tau semua botol bertuliskan kata-kata tersebut adalah berisi minyak wangi. Nah, kali ini saya beri penjelasan singkatnya.

Parfum
Wewangian ini adalah yang paling mahal di antara yang lain. Tingkat alkohol serta keharumannya cukup tinggi, yaitu 20-40% sehingga aromanya dapat bertahan lebih dari 2-3 hari. Sedikit saja disemprot/dioleskan di tubuh, maka aroma ini akan menempel cukup lama.
Kemasannya agak berbeda dengan yang lain, dengan botol-botol eksklusif nan cantik, parfum dikemas agar terlihat elegan dan keharumannya tersimpan lebih lama.

Eau de Parfum
Jenis golongan ini memiliki wewangian yang memiliki kadar alkohol sedikit, dengan konsentrat bahan wewangian sebanyak 8-16%. Sehingga wanginya akan cukup tahan lama hingga 4-6 jam. Jenis Eau de Perfume sangat cocok untuk yang bekerja atau beraktifitas seharian. Jika aromanya kuat, setidaknya ia bisa bertahan 2 hari, namun tidak lebih dari itu. Aromanya sama memikat seperti parfum, harganya juga lebih terjangkau.

Eau de Toilette
Jenis wewangian dengan aroma yang ringan, tahan lama dengan waktu 3-4 jam. Maksimal, Eau de Toilette ini bertahan sehari saja. Memiliki kadar alkohol yang tinggi dengan konsentrat bahan wewangian berkisar 4-8%. Jenis ini cocok digunakan untuk segala suasana yang tidak membutuhkan waktu yang lama seperti pergi ke acara pesta atau hanya untuk nongkrong di café atau bioskop. Wewangian ini pada umumnya hadir dalam bentuk spray. Harganya terjangkau untuk anda yang memang ingin selalu tampil wangi. Namun, wewangian ini dilaporkan jarang menimbulkan alergi atau komplain lain.

Eau de Cologne
Nah, inilah yang kita kenal sebagai cologne yang sering dikenakan setelah berolahraga
atau mengawali hari. Botolnya sederhana, harganya murah dan terjangkau. Sayangnya, wewangian ini tak bertahan lama hanya 2-3 jam saja. Parfum EDC merupakan jenis wewangian yang paling ringan mengandung 2-4% konsentrat bahan wewangian. EDC dipasaran biasa dikenal sebagai Body Mist, Body Spray atau Body Splash.

Nah, sekarang anda sudah mengerti bedanya kan. Setelah ini anda dapat memutuskan sendiri, apakah anda ingin membeli parfum tetapi harga mahal dan wangi tahan lama atau anda membeli cologne tetapi harga murah dan wangi tidak tahan lama?? Terserah anda ^_^

About these ads